Tuesday, April 25, 2017

Telomoyo , puncak tinggi nggak bikin capek


Assalamualaikum
Seringkali kita mengunjungi sebuah puncak bukit atau gunung harus bersusah payah mengerahkan banyak tenaga, mempersiapkan banyak perbekalan yang mana itu memaksa kita untuk harus membawa tas yang besar untuk dapat membawanya dan membuat kita semakin kelelahan nantinya . Tetapi tidak untuk puncak yang satu ini, namanya Puncak Telomoyo. Berada di Gunung Telomoyo, desa Seloprojo, Ngablak, Magelang, Sleman.
Dengan ketinggian puncak 1894 mdpl membuat gunung ini lebih tinggi daripada gunung terkenal yang berada tak jauh dari Telomoyo sendiri yaitu gunung Andong dan ini yang membuat saya terkejut ketika saya mengunjungi puncak Telomoyo. Ketika saya sampai di puncaknya saya baca tulisan yang menunjukkan bahwa saya sedang berada di ketinggian 1894 mdpl . Woooww . 1894 mdpl ? Ditempuh tanpa mengeluarkan keringat sama sekali ? Tanpa harus pake koyok dan balsem ? Luar biasa, Karena dalam sugesti saya membandingkannya dengan gunung yang tak jauh dari situ yaitu gunung Andong yang karakter kedua gunung tersebut adalah kurang lebih sama. Apabila untuk mencapai puncak Andong kita membutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya yaitu mendaki kurang lebih hingga 2 jam, dan tinggi puncak Andong pun tak lebih tinggi dari puncak Telomoyo . Maka untuk mencapai puncak Telomoyo kita hanya memerlukan sepeda motor yang sehat, tak perlu mempersiapkan fisik yg kuat untuk mendaki selama berjam-jam . Asyik bukan ? Kita tak perlu kelelahan sudah dapat kita nikmati pemandangan ala puncak gunung yang tinggi dan sudah kita dapatkan pemandangan lautan awan berada di bawah kita seperti pada scene film 5 cm ketika Zafran dkk di tengah perjalanan sedang memperjuangkan puncak Mahameru ataupun foto-foto dan video-video para pendaki di instagram saat ini yang seringkali mendapat like sangat banyak.
Untuk tiket masuk ke gunung Telomoyo pun sangat murah, hanya dikenakan biaya 5000 rupiah dengan 1 motor berboncengan berdua pada saat itu bulan februari 2017 . Yang bisa menjadi rekomendasi tempat rekreasi bagi yang sedang sangat kurus dompetnya.
Oiya sobat , untuk masuk ke jalan area gunung Telomoyo kita tidak bisa menggunakan kendaraan yang ukurannya lebih besar dari kendaraan roda dua. termasuk motor roda tiga, bajaj, pick up atau pun kontainer . sangat tidak recomended menggunakan kendaraan-kendaraan tersebut.
Landasan pacu paralahyang lah alasan naik daunnya nama puncak Telomoyo. Ia berada tak jauh di bawah puncak Telomoyo. Karena foto-fotonya sudah banyak bertebaran di internet.
Selfie tanpa pemandangan . hiks :(

Dan memang tak bisa di pungkiri di situ tempat yang bagus untuk menghasilkan foto foto yang cantik, instagramable, ngehits, yang tentunya akan membuat teman-teman kita iri ketika kita memamerkan foto yang kita ambil dari situ . Tetapi ketika sedang mendung atau berkabut kita tak bisa berharap banyak dari pemandangan Telomoyo. Maka segeralah untuk turun karena ketika hujan suhu menjadi sangat dingin. Bahkan ketika tidak hujan pun suhu di Telomoyo sudah sngat dingin. Maka dari itu untuk sobat semuanya dihimbau membawa jaket tebal sekaligus sarung tangan dari rumah sebelum mengunjungi Telomoyo. Karena di gunung Telomoyo tidak ada yang jual jaket dan sarung tangan. 

Gimana lagi, gak bisa ngendaliin kabut.

Kemudian bagi anda anda yang j**blo tidak usah kawatir ketika mengunjungi Telomoyo. Masih ada yang bisa menghangatkan anda, yaitu penjual minuman dan snack, anda bisa meminta kepada penjual untuk di buatkan minuman hangat seperti kopi, teh, atau susu, tanpa perlu kawatir merogoh kocek dalam dalam karena penjual mematok harga yang tidak mahal .
Last, Telomoyo adalah tempat yang wajib sobat traveller kunjungi, jangan ngaku traveller kalo belum mengunjungi puncak Telomoyo 

No comments:

Post a Comment